3 Aspek Utama dalam Membangun Taman di Rumah Minimalis

Membangun Taman di Rumah Minimalis – Pada kenyataannya, taman juga memiliki peran penting dalam menciptakan rumah minimalis yang menarik. Kehadiran taman di bagian depan rumah pastinya akan bisa menghindari kesan panas dan juga gersang. Pastinya, taman depan rumah minimalis akan memberikan kesan sejuk dan nyaman bagi para penghuni dan juga tamu yang datang. Namun bagaimana jika lahan yang dimiliki tidak terlalu luas?

Lahan yang sempit tidak berarti tidak mungkin untuk menciptakan taman depan yang cantik dalam desain rumah minimalis. Jika bagian dalam rumah memerlukan interior rumah yang sederhana serta pilihan warna yang netral maka taman juga memiliki beberapa aspek yang penting untuk diperhatikan. Berikut ini adalah beberapa aspek yang sebaiknya menjadi perhatian utama dalam pembangunan taman rumah minimalis:

Aspek Utama Dalam Membangun Taman Di Rumah Minimalis
Aspek Utama Dalam Membangun Taman Di Rumah Minimalis, Picture by @housetalk.id

Konsep Taman

Konsep taman depan dalam rumah minimalis sebenarnya beragam dan tidak memiliki batasan terutama jika lahan yang kita miliki cukup luas. Meski demikian, jika lahan yang kita miliki tidak terlalu luas maka ada baiknya jika kita membuat konsep desain yang sederhana dengan perpaduan garis dan bidang yang tepat. Salah satu contoh desain taman depan rumah minimalis yang bisa kita buat adalah membuat taman berbentuk kotak yang dihiasi dengan tanaman di sekelilingnya.

Menciptakan Kesan Sejuk, Nyaman Dan Luas
Menciptakan Kesan Sejuk, Nyaman Dan Luas, Picture by @arsitag

Di bagian tengah kotak kita bisa menambahkan rerumputan dan juga batuan sebagai lintasan pejalan kaki. Jangan terlalu banyak menggunakan aksesoris dan tanaman agar tidak terlihat rimbun dan menjaga kesan sederhana rumah minimalis. Selain itu juga akan mempersulit kita dalam proses perawatannya. Penambahan tanaman dan juga aksesoris dalam jumlah yang tepat justru akan bisa menciptakan kesan sejuk, nyaman dan luas.

Aspek Utama Membangun Taman Rumah Minimalis
Aspek Utama Membangun Taman Rumah Minimalis, Picture by @estetika.ruang

Pemilihan Jenis Vegetasi

Hal terpenting dalam pembangunan taman depan rumah minimalis adalah pemilihan jenis vegetasi yang tepat terutama untuk lahan yang tidak cukup luas. Batasi penggunaan pohon-pohon besar karena jenis vegetasi ini justru akan memakan banyak tempat dan juga resiko bahaya seperti tumbang saat hujan lebat datang. Alternatif vegetasi yang tepat untuk taman depan rumah minimalis adalah pot-pot kecil berisi beragam tanaman hias.

Aspek Utama Dalam Membangun Taman Minimalis
Aspek Utama Dalam Membangun Taman Minimalis, Picture by @interiordesign.bdg

Jangan lupa juga untuk menambahkan berbagai jenis rerumputan pada taman depan rumah minimalis seperti rumput gajah atau rumput jepang. Penambahan pohon-pohon kerdil dan juga batu alam juga sangat tepat pada taman rumah minimalis tidak hanya untuk menambah kesan estetika tapi juga akan menambah keteduhan. Tanaman bunga-bunga keil juga pastinya akan sangat tepat menjadi pilihan desain taman rumah minimalis. Pilihlah bunga-bunga kecil beragam warna untuk menyemarakkan taman depan rumah minimalis kita.

Membangun Taman Rumah Minimalis
Membangun Taman Rumah Minimalis, Picture by @housetalk.id

Merancang Sistem Drainase

Drainase atau saluran air juga sangat penting dalam desain taman rumah minimalis. Sistem drainase yang tidak tertata akan merusak tanah dan taman. Salah satu cara tepat untuk menciptakan saluran air terutama saat hujan adalah dengan membuat sumur resapan air atau lubang biopori pada taman rumah minimalis.

Tips Dalam Membangun Taman Di Rumah Minimalis
Tips Dalam Membangun Taman Di Rumah Minimalis, Picture by @estetika.ruang

Tidak hanya berfungsi untuk meningkatkan resapan air, lubang biopori pada taman rumah minimalis juga berfungsi untuk meningkatkan cadangan air tanah.