15 Tanaman Yang Membuat Interior Rumah Kamu Menjadi Lebih Hidup


Mempercantik interior rumah kini banyak dilakukan dengan cara memasukkan tanaman ke dalam ruangan. Sebetulnya, metode menyegarkan suasana ruangan seperti ini bukan hal yang baru.

Cara ini banyak diaplikasikan sebagai solusi keterbatasan ruang terutama dalam memiliki halaman untuk bercocok tanam. Tapi sepertinya, gaya back to naturemembuat cara klasik ini kembali menjadi tren dari beberapa waktu lalu hingga hari ini.Hijaunya tanaman dapat membuat suasana ruangan menjadi sejuk dan segar. Tak hanya dari segi visual, hadirnya tanaman di dalam rumah juga memperbaiki sirkulasi udara. Oleh karena itu, cara ini semakin pas dengan tren gaya hidup serba sehat, bukan?

Tapi, tidak semua tanaman yang cantik cocok ditempatkan di dalam ruangan. Tanaman yang relatif toleran ditempatkan di dalam ruangan memiliki beberapa kriteria fisik; diantaranya, struktur batang yang lunak, jumlah daun yang cukup banyak, dan ukuran yang relatif pendek.Secara keseluruhan, tanaman untuk di dalam ruangan biasanya lebih adaptif terhadap kebutuhannya akan cahaya matahari. Tapi tentu saja, mengeluarkannya sesekali utuk mendapatkan cahaya matahari langsung adalah cara terbaik dalam perawatannya.

Beberapa jenis tanaman hias di bawah ini tak hanya cocok ditempatkan di sudut ruangan Anda tapi juga menyimpan manfaat di balik pesonanya.

1. Dracanea Marginata

Sumber: leedyinteriors.com

Dracaena marginata, jenis ini dapat mencapai ketinggian hingga 10 kaki, daun berbentuk kecil, panjang.  Species dasar memiliki daun warna hijau dan juga hijau dengan tepi merah. Tumbuhan ini hidup di suhu yang tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin.

2. Spider Plant ( Lili Paris )

Sumber: google.co.nz

Tanaman hias gantung merupakan solusi cerdas untuk mengatasi ruangan yang berukuran kecil. Adalah Chlorophytum comosum, atau yang lazim disebut Spider Plant merupakan pemecahan bagi masalah tersebut. Tanaman yang aslinya berasal dari Afrika Selatan ini sangat mudah untuk dipelihara dan dibudidayakan. Daunnya yang panjang dan rimbun tersedia dalam warna hijau atau strip kuning dan strip putih. Batangnya yang panjang sebenarnya kokoh dan banyak ditumbuhi bunga putih.

Kamu Juga Harus memperhatikan tanaman ini jika tumbuhan ini tumbuh memanjang dan menyentuh tanah maka akan mengakar dengan sendirinya, dan untuk perawatannya harus sering disiram air.

3. Dracanea Warneckii

Sumber: gardenanswers.com

Warneckii adalah yang paling sedikit memerlukan sinar matahari dan memiliki garis putih pada daunnya dengan bentuk daun sempit dan lancip. Kelebihan dari tumbuhan ini mampu membersihkan udara di ruangan seperti menyerap formaldehyde, benzene dan karbon monoksida.

4. Lidah Buaya ( Aloe Vera )

Sumber: wikihow.com

Lidah Buaya (Aloe vera) adalah sejenis tumbuhan yang sudah dikenal sejak ribuan tahun silam dan digunakan sebagai penyubur rambut, penyembuh luka, dan untuk perawatan kulit. Tumbuhan ini dapat ditemukan dengan mudah di kawasan kering di Afrika. Namun tanaman yang banyak manfaatnya ini mampu jadi hiasan malah lebih cantik jika berada di atas meja dengan ukuran yang kecil.

5. Sansevieria ( Lidah Mertua )

Sumber: plantorama.dk

Sansevieria atau lidah mertua adalah marga tanaman hias yang cukup populer sebagai penghias bagian dalam rumah karena tanaman ini dapat tumbuh dalam kondisi yang sedikit air dan cahaya matahari. Sansevieria memiliki daun keras, sukulen, tegak, dengan ujung meruncing.

Sanseviera dikenal dengan sebutan tanaman lidah mertua karena bentuknya yang tajam. Sanseviera tak hanya sebagai tanaman hias, tapi juga memiliki manfaat untuk menyuburkan rambut, mengobati diabetes, wasir, hingga kanker ganas. Sementara seratnya digunakan sebagai bahan pakaian. Di Jepang, Sanseviera digunakan untuk menghilangkan bau perabotan rumah di ruangan.

6. Sansevieria Cylindrica

Sumber: google.es

Sansevieria cylindrica memiliki daun berbentuk selinder, tegak panjang dan tajam ujung puncak daun dalam ukuran dua hingga tiga sentimeter lebar. Daunnya berwarna hijau tua berbelang-belang kelabu. Spesies ini daunnya mampu menyimpan sedikit air walaupun keras. Bunganya terlihat kurang bagus, namun yang bikin indah adalah tangkainya. Tangkai bunganya keluar secara memanjang dari celahan daun tengahnya.

7. Sirih Gading

Sumber: alamendah.org

Sirih gading adalah tumbuhan merambat semi-epifit yang biasa ditanam orang sebagai penghias pekarangan atau ruangan. Tumbuhan anggota suku talas-talasan (Araceae) ini mudah dikenal dari warna daunnya yang belang warna kuning cerah hingga kuning pucat, merambat di batang pohon dengan daun yang besar sehingga menutupi batang pohon yang dirambatnya. Apabila ditanam di dalam pot, daunnya mengecil. Potongan cabangnya dapat bertahan hidup cukup lama apabila bagian pangkalnya dicelupkan ke air.

8. Monstera Deliciosa

Sumber: theadorabletwo.com

Monstera Deliciosa dikenal juga dengan sebutan Swiss Cheese Plant, dikarenakan bentuk daun pada tanaman dewasa yang berlubang-lubang menyerupai keju. Penempatan Monstera pada kursi putih akan memberikan kontras warna yang indah, dipadu dengan nuansa kayu alami menjadikan Monstera Deliciosa elemen cantik pada dekorasi rumah anda.

9. Strelitzia Nicolai

Sumber: taubmans.com.au

Strelitzia memiliki tampilan bunga yang mirip kepala Cendrawasih (Birds of Paradise). Setiap bunganya terdiri dari beberapa kelopak runcing dan tegak lurus, yang muncul dari sebuah kelopak lain yang berbentuk seperti perahu. Warna kelopaknya bisa paduan oranye-biru, kuning-biru, atau putih-biru.

Di antara semua jenisnya, Strelitzia nicolai adalah yang paling banyak ditemui. Selain itu, ia juga yang memiliki ukuran paling tinggi. S. nicolai bisa tumbuh hingga setinggi enam meter. Semua jenis strelizia memiliki daun lebar, menyerupai daun pisang.

10. Rotan

Sumber: notjustahousewife.net

Rotan adalah tanaman pemanjat dari Family Palme. rotan tumbuh liar didalam hutan atau ada yang sengaja menanam. Sangat mudah tumbuh di indonesia biasanya untuk kerajinan tangan tapi bila di jadikan tanaman hias dirumah juga sangat cantik dengan merawatnya setiap panjang agar segera di potong biar tetap menjadi tanaman hias yang cantik.

11.  Kaktus ( Cactus )

Sumber: psdoorsanne.nl

Kaktus merupakan jenis tanaman yang mampu hidup di kondisi lingkungan panas, kering, dan kurang air. Habitat asli kaktus adalah di gurun pasir, sehingga mengharuskan kaktus beradaptasi dengan lingkungannya agar bisa bertahan hidup.

Kaktus memiliki banyak varietas yang memiliki batang dan bunga yang sangat unik, sehingga saat ini kaktus banyak dimanfaatkan sebagai tanaman hias. Di Indonesia sendiri, kepopuleran kaktus sebagai tanaman hias sebenarnya sudah cukup lama.

12. Mini Palm

Sumber: nxtmodern.com

Palem adalah tanaman hias yang bersifat kosmopolitan, keberadaannya ditemukan di daerah tropis dan subtropis, di dataran rendah dan tinggi, di pegunungan dan di pantai, di tanah yang subur dan gersang.

Paling jenis ini memang sangat familiar dan bias tumbuh di mana saja. Palem ini mempunyai tinggi lebih dari 12 meter dengan daun mencapai 4-6 meter. Di antara manfaat lain dari pohon ini adalah: Batangnya dapat digunakan sebagai kolom penyangga dan buahnya tentu saja sangat berguna. Pohon Palm ini lebih bagus jika ditanam di hamparan rumput yang luas, walaupun bisa juga diletakkan di sudut area ruang.

13. Beringin Karet ( Rubber Fig )

Sumber: apartmenttherapy.com

Rubber Fig atau Pohon karet kebo adalah sebutan dalam bahasa jawa untuk tanaman dengan nama ilmiah Ficus Elastica ini. Ciri-ciri pohon karet kebo ditandai dengan daun yang berwarna kemerahan sehingga banyak juga yang menyebut tanaman ini dengan sebutan pohon karet merah. Walaupun pada alam liar tinggi dari pohon karet kebo bisa mencapai 30 meter, tapi tubuhan ini seringkali dipakai sebagai tanaman hias ataupun tanaman pelindung. Tak jarang pohon karet kebo pun dipakai untuk tanaman indoor dalam pot besar. Tumbuhan ini Populer di di negara Sri Lanka untuk tanaman hias dan obat-obatan.

14. Ketapang Biola ( Fiddle Leaf Fig )

Sumber: housebeautiful.com

Sebagaian pecinta tanaman hias pohon ketapang biola cantik ini dapat ditanam di dalam ruangan rumah karna bentuk daun yang tebal,dan daun berwarna hijau pekat, sehingga pohon ini sangat indah bila di tanam di dalam ruangan rumah seperti pohon sintetis atau pohon plastik,

15. Compacta

Sumber: houstoninteriorplants.com

Tanaman Dracaena Compacta banyak digunakan sebagai indoor plant atau tanaman dalam ruangan. Keunggulan dracaena adalah dapat digunakan pada hampir semua ruangan.  Seringkali dracaena dipajang di kantor-kantor besar.  Pilihan untuk menanam adalah mudahnya perawatan dracaena dan tidak rewel.


Desain Menarik Lainnya