10 Ide Kreatif Menghias Rumah dengan Buku


Perpustakaan adalah salah satu tempat favorit Anda yang gemar membaca buku. Namun, terkadang rasa malas mengalahkan cinta Anda padanya. Bagaimana bila Anda sulap beberapa sudut ruangan di rumah menjadi lebih indah dengan koleksi buku-buku yang ada? Daripada dibiarkan menumpuk begitu saja, mengapa Anda tidak mengadopsinya menjadi perpustakaan mini yang cantik dan indah dipandang?

1. Miliki ruang khusus baca

Sumber: cdn.decoist.com

Membaca membutuhkan ruangan yang tenang dan nyaman supaya siapapun betah berlama-lama berkutat dengan buku. Anda bisa menyediakan ruang baca khusus dengan pemandangan halaman belakang rumah menggunakan kaca tebal dan lebar sehingga kesan keep in touch with nature tidak membuat Anda sumpek. Jangan lupa sediakan kursi empuk yang melengkapi dunia baca Anda.

2. Manjakan tamu dengan buku

Sumber: media.bookbub.com

Tak ada salahnya sesekali memanjakan tamu dengan ‘sajian’ yang lain dari biasanya. Anda bisa menyuguhi berbagai koleksi buku yang bisa dibaca maupun sekedar dipandang oleh mereka. Supaya terlihat lebih indah dilihat, Anda bisa mengaturnya berdasarkan kesamaan warna, pengarang, maupun buku berseri. Lemari hias Anda pun terlihat berbeda dari yang biasanya diisi oleh berbagai aksesoris.

3. Menyulap area bawah tangga

Sumber: designrulz.com

Anda kebingungan mengisi area kosong di bawah tangga? Manfaatkan saja sebagai tempat penyimpanan buku-buku Anda sekeluarga. Selain ringkas dan praktis, Anda tidak perlu repot menambah furnitur serta aksesori lain yang membutuhkan biaya ekstra karena sudah tergantikan dengan hiasan buku.

4. Hiasi salah satu sudut ruangan

Sumber: designferia.com

Anda tidak memiliki lemari khusus? Tak perlu khawatir, buku-buku Anda tetap tertata rapi dengan memasang rak susun di salah satu sudut ruang. Bila ingin berhemat, Anda bisa membuat rak sendiri dengan bermodalkan kayu papan dan siku besi. Namun, jika Anda tidak mau repot, di pusat perbelanjaan banyak menyediakan rak kayu tempel dengan harga ekonomis.

5. Tidurlah dengan buku

Sumber: architecturaldigest.com

Kamar Anda tidak ingin berantakan karena buku-buku yang berceceran? Anda bisa menambahkan rak buku di dinding atas tempat tidur. Terlihat lebih indah dilihat bukan?

6. Simpel dan praktis

Sumber: cdn.decoist.com

Anda memiliki beberapa koleksi buku kesayangan namun malas mencampurnya di ruang baca? Anda bisa menyediakan rak sederhana di ruang keluarga yang dekat dengan jangkauan tangan. Simpel, praktis, dan hemat waktu.

7. Everything is library

Sumber: homedit.com

Anda sudah tidak memiliki area yang bisa dimanfaatkan sebagai tempat penyimpanan buku? Dinding tangga rumah Anda pun bisa disulap menjadi perpustakaan mini. Anda juga bisa meminta bantuan teman arsitek supaya rak buku Anda bisa menambah nilai estetis rumah Anda.

8. Siapa bilang buku tidak bisa dijadikan aksesori?

Sumber: chaostoorder.com

Bila Anda bosan dengan dekorasi rumah yang mainstream, koleksi buku Anda bisa dijadikan alternatif pengganti aksesori lemari yang menganggur. Supaya terlihat lebih menarik, Anda bisa menata buku secara vertikal dan horizontal.

9. Tak perlu banyak ruang untuk membaca

Sumber: apartmenttherapy.com

Apakah Anda masih memiliki area kosong di kamar tidur? Manfaatkan saja sebagai spot khusus baca. Anda bisa mendesain rak buku di dinding dengan beberapa sofa empuk dan bantal agar Anda nyaman dan tidak kelelahan berlama-lama membaca.

10. Simpan harta Anda di balik pintu

Sumber: mostbeautifulthings.net

Membuat rak buku di depan pintu kamar Anda sepertinya cukup menarik untuk dicoba. Selain menghemat ruang, Anda seperti memiliki ruang rahasia karena orang lain tidak akan tahu bahwa ada area lain dibalik koleksi buku-buku Anda.


Desain Menarik Lainnya